Inilah Dua Kendala Besar untuk Program Mina Padi Petani Indonesia

42 views

Inilah Dua Kendala Besar untuk Program Mina Padi Petani Indonesia

Minapadi.com – Kebanyakan Petani Indonesia bukannya tidak paham dan tidak tahu dengan segudang manfaat bertani menggunakan sistem Mina Padi, tetapi mereka adalah masih mengalami beberapa kendala dalam implementasi Mina Padi di Kolam Sawah mereka.

Setidaknya ada dua faktor / kendala besar yang membuat Para Petani kesulitan, khawatir bahkan pesimis dengan menerapkan Program Minapadi di sawah mereka. Kedua penyebab utama mandeknya Program Mina Padi secara luas di lingkungan petani adalah sebagai berikut :

1. Masih Banyaknya Hama Predator Liar yang Mengincar Kolam Sawah Mina Padi para Petani

Ini sudah bukan rahasia umum lagi, terutama di daerah kami yaitu di Kampung Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Disini masih banyak Hawa Predator yang terus mengincar Ikan-ikan di kolam sawah, diantara Predator yang Ganas dan mampu membuat ludes populasi ikan para petani di kolam sawah yaitu Predator Linsang (Sero atau Musang Air) dan Predator Biawak. Sedangkan predator Ular, Burung dan Katak adalah tidak separah Linsang dan Biawak dalam aksinya.

Tentunya harus ada kerjasama yang solid antara Para Petani dan Harus ada Dukungan Pemerintah untuk bagaimana mengendalikan atau lebih extreme lagi bagaimana membasmi kedua predator tersebut yaitu Sero / Linsang / Musang Air dan Predator Biawak.

Lebih-lebih Pemerintah harus berperan aktif untuk Bagaimana Mencari Solusi agar tidak ada lagi gangguan Hawa Predator Linsang & Biawak, karena pemerintah adalah berkuasa dalam membuat kebijakan & peraturan sehingga akan lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaan di lapangannya nanti.

2. Masih Terkendala dengan Sistem Pengairan / Perairan nya.

Maksudnya adalah pasokan air ke kolam sawah kebanyakan tidak bisa selamanya / seluruh musim / setiap bulan ada lancar. Kadang digilir, biasanya menurut usia padi. Area sawah yang sudah tua usia padi nya, hampir kebanyakan adalah memang kurang pasokan air nya, jadi sangat tidak cocok jika ada petani yang berniat Mina Padi, apalagi Mina Padi nya sistem sepanjang Usia tanaman padi.

Management Irigasi Air adalah harus menjadi prioritas utama bersama yaitu seluruh Petani dan didukung oleh Pemerintah dalam menciptakan Sistem Irigasi Air yang bisa mengalirkan Air dengan Cukup ke seluruh kawasan lahan pertanian, jadi tidak akan ada lagi cerita Air Selokan kering karena Musim Padi menguning.

Begitulah teman-teman, Dua Kendala Besar yang membuat Program Mina Padi adalah menjadi Sulit berkembang, terutama di daerah kami yaitu di Dusun Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kec. Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Semoga tulisan ini bisa menjadi motivasi semua pihak (Petani dan Pemerintah) untuk bagaimana agar kita bisa mensukseskan Program Mina Padi karena Insya Allah sistem Mina Padi ini adalah sistem yang hebat sampai-sampai Orang Luar mau berguru ke Negeri Kita Indonesia. (Pipih Pirmansyah – dari Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng – Sukaherang Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat)

Tags: #Indonesia #Kendala #Mina Padi #Minapadi #Petani #Program