Menengok Kolam Sawah Minapadi (Mina Padi) Salira – 15 Januari 2019

38 views

Menengok Kolam Sawah Minapadi (Mina Padi) Salira - 15 Januari 2019

Minapadi.com – Hari ini tanggal 15 Januari 2019, Saya (Pipih Pirmansyah) bersama Putri saya yang kedua yaitu Khaira Arju Annisa main ke Kolam Sawah Minapadi Salira, yang beralamat lengkap di Kampung Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Maksud dan tujuan bermain ini adalah untuk cek kondisi kolam sawah Mina Padi Salira. Setelah sampai di lokasi, saya langsung ambil gambar (video) sebagaimana hasilnya bisa teman-teman tonton di atas artikel ini.

Pada intinya adalah bahwa saya mewakili “Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng” saat ini sedang menjalankan proses Uji Coba Bertani Mina Padi. Maksud dari Minapadi adalah saya memelihara ikan (disebut Mina) sekaligus sambil bertani menanam padi dalam satu lahan yang sama. Jadi nanti hasil panen nya ada dua, Panen Ikan juga Panen Padi.

Saya pribadi sangat mengharapkan bahwa teknik Mina Padi ini akan menjadi dikenal oleh masyarakat di lingkungan kampung saya ini, sehingga harapannya kedepan nya banyak Petani yang ikut sama-sama menerapkan sistem Mina Padi ini di sawah milik mereka masing-masing.

Memang sih, ada beberapa kendala utama yang dihadapi petani untuk bisa ke Mina Padi ini, yaitu diantaranya adalah masih khawatirnya dengan Hama Linsang atau juga disebut Sero (jika di Sunda). Juga khawatir dengan Hama Biawak. Jadinya petani di daerah saya masih tidak berani menerapkan Mina Padi.

Kalaupun ingin mulai menerapkan Mina Padi, maka petani harus berani berinvestasi membangun pagar khusus yang tidak bisa dilalui oleh Linsang (Sero) pun oleh Biawak. Lagi-lagi biaya untuk pembuatan pagar dimaksud adalah tidak murah.

Kami saja, membangun benteng tembok di lahan seluas 520 meter persegi atau jika di bata kan seluas 37 bata (area lahan yang sedang di video ini), biaya yang dikeluarkan Rp. 35 Juta sampai 40 Juta. Sungguh berat memang untuk petani pada umumnya.

Jadi itulah kendala utama Mina Padi di daerah kami yaitu masih rawan nya Hama Linsang (Sero) dan Hama Biawak yang sangat menjamur datang dari Sungai bernama Sungai Cimerah. (Pipih Pirmansyah dari Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng)

Tags: #Kolam #Menengok #Mina #Mina Padi #Minapadi #Padi #Salira #Sawah