Ngasih Pakan Ikan Mas Seukuran Jempol Orang Dewasa di Kolam Sawah Ujicoba Minapadi Salira

Ngasih Pakan Ikan Mas Seukuran Jempol Orang Dewasa di Kolam Sawah Ujicoba Minapadi Salira

Minapadi.com – Saya memang Bukan Duta Minapadi (Mina Padi) Sukaherang Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat, tapi saya sedang terus menerus memperkenalkan Sistem Mina Padi ini kepada masyarakat umum, tidak melalui Penyuluhan dan atau Pertemuan Kelompok Tani, Kelompok Ternak atau Kelompok Perikanan karena untuk bisa mengarah ke hal demikian belum ketemu jalannya. Jadi alakadarnya saja menginformasikan secara pribadi lewat situs saya ini www.minapadi.com kepada masyarakat, terutama tentunya kepada Usia Produktif yang masuk ke Golongan Generasi Milenial karena yang melek Smartphone, melek Youtube dan Medsos khan anak muda generasi milenial. Jadi memang cukup sulit informasi-informasi yang saya obrolkan ini bisa sampai ke Para Petani Generasi sudah Tua Usianya karena biasanya mereka tidak begitu aktif dengan Dunia Maya Online.

Kebetulan Hari ini, Pagi hari (26/1/2019) saya bersama Istri saya berkunjung ke Kolam Sawah Salira, yaitu Kolam yang sudah dirubah fungsi bukan hanya sekedar kolam ikan saja untuk sekarang, tetapi sudah kami tanami juga dengan Padi, tapi tetap ada Ikan nya, itulah konsep Mina Padi yang sedang kami ujicobakan / terapkan di kolam sawah kami.

Ada dua bagian / dua area di Kolam Sawah Salira yang beralamat di Kampung Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, yaitu Kolam Sawah Minapadi sebelah Utara dan Kolam Sawah Minapadi sebelah Selatan.

Untuk Kolam Sawah Minapadi sebelah Utara itu usia padi nya sampai dengan hari ini tanggal (26/1/2019) adalah sudah sekitar 45 Hari karena waktu tanam padi nya tanggal 11/12/2018.

Kemudian, untuk Kolam Sawah Minapadi sebelah Selatan, itu usia Padi nya lebih muda yaitu sekitar 21 hari, karena waktu menanam padi nya adalah tanggal 5/1/2019.

Mengapa kami beda-bedakan waktu tanam nya? sebenarnya tidak ada jawaban teknis sih, itu hanya kebetulan saja, jadi waktu itu kami uji coba menanam padi nya kan pada awalnya yang Kolam Sawah Minapadi sebelah Utara yang sekarang sudah berusia 45 hari (yang mulai ditanam padi nya tanggal 11 Desember 2018 sebagaimana kami terangkan diatas), kemudian kepikiran juga kenapa tidak di Mina Padi kan kolam sebelah selatan nya?, akhirnya di Mina Padi kan lah si kolam sebelah selatan juga, yaitu pada tanggal 5 Januari 2019 itu tadi.

Untuk Ikan nya, saat ini kami ujicoba memelihara Ikan Mas karena lumayan sangat memiliki nilai Ekonomis baik di pasaran ikan wilayah kami (Desa Sukaherang Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya). Memang sih ada pula ikan-ikan lainnya, seperti misalnya Ikan Nila, tapi yang lebih fokus nya ya ke Ikan Mas itu tadi.

Ikan-ikan Mas di Kolam Sawah Minapadi Salira juga diberikan Pelet Pabrik, tapi tidak banyak dan tidak dipatok, sistem nya masih semaunya saja, karena kendala Berat di Biaya Beli Pelet Ikan nya. Jadi Si ikan-ikan mas kami itu suka di dikasih bekas-bekas makanan dari Dapur juga suka dikasih Air Beras.

Demikian kegiatan kami hari ini, dilaporkan langsung dari Kolam Sawah Ujicoba Minapadi Salira di Kampung Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. (Pipih Pirmansyah – dari Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng www.salira.co.id)

Tags: #Dewasa #Ikan #Ikan Mas #Jawa Barat #Jempol #Kelompok #Kolam #Leuwiseeng #Mas #Mina #Mina Padi #Minapadi #Naratas #Padi #Pakan #Perikanan #Picung #Salira #Sawah #Singaparna #Sukaherang #Tani #Tasikmalaya #Ternak #Ujicoba